Contoh Soal TOEIC dan Jawabannya

Jedatulis.com – TOEIC (Test Of English for International Communication) adalah tes bahasa Inggris yang sudah diakui secara internasional dan digunakan untuk menilai kemampuan seseorang untuk berkomunikasi dalam lingkungan berbahasa Inggris profesional. Manfaat Belajar TOEIC Ternyata …

Jedatulis.com – TOEIC (Test Of English for International Communication) adalah tes bahasa Inggris yang sudah diakui secara internasional dan digunakan untuk menilai kemampuan seseorang untuk berkomunikasi dalam lingkungan berbahasa Inggris profesional.

Contoh Soal TOEIC
Contoh Soal TOEIC

Manfaat Belajar TOEIC

Ternyata mempelajari skill bahasa Inggris ada banyak manfaatnya, berikut adalah beberapa manfaat dari TOEIC:

  1. Membuktikan Kemampuan Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris: Memiliki sertifikat TOEIC menunjukkan kemampuan untuk berbicara dengan penutur asli bahasa Inggris, baik secara langsung ataupun tidak langsung.
  2. Membuka Kesempatan Kerja yang Lebih Luas: Banyak perusahaan multinasional yang mensyaratkan sertifikat TOEIC sebagai dokumen yang wajib terlampirxs .
  3. Kesempatan Melanjutkan Belajar ke Luar Negeri: Sertifikat TOEIC sering menjadi salah satu syarat untuk mendaftar beasiswa luar negeri.
  4. Mendapatkan Kesempatan Promosi Kerja: Dalam beberapa perusahaan, memiliki sertifikat TOEIC dapat menjadi pertimbangan dalam proses promosi.
  5. Menjadi Syarat Kelulusan Kuliah: Beberapa perguruan tinggi mensyaratkan mahasiswanya untuk memiliki sertifikat TOEIC sebagai syarat kelulusan.
  6. Meningkatkan Rasa Percaya Diri: Dengan memiliki sertifikat TOEIC, Anda dapat meningkatkan rasa percaya diri dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris.

Catatan Penting: Sertifikat TOEIC memiliki masa berlaku, yaitu dua tahun sejak sertifikat resmi keluar. Jadi ketika lewat masa dua tahun dari terakhir mengikuti ujian, kita wajib memperbarui sertifikat dengan mengikuti Test of English International Communication lagi.

Baca juga: Belajar Menyusun RPP Kurikulum Merdeka

Contoh Soal TOEIC dan Jawaban

Untuk meningkatkan kemampuan kalian bahasa Inggris, berikut adalah beberapa contoh soal TOEIC.

Bagian Mendengarkan

Ini terdiri dari 4 sub-bagian dengan 100 pertanyaan dan memiliki durasi 45 menit.

Bagian Membaca

Berikut adalah beberapa contoh soal dalam Sesi Membaca. Jawaban akan diberi tanda tebal.

  1. Silakan hubungi Robert Chen untuk _________ dalam pembelian peralatan kantor. (A) toko (B) jenis (C) bantuan (D) perabotan
  2. Upacara penghargaan akan _________ di lantai tiga Hotel Park Station. (A) diadakan (B) dinaikkan (C) diambil (D) diberikan
  3. Setelah Massey Corporation mengakuisisi Brawley, Ltd., _________ sahamnya naik dua puluh persen. (A) berharga (B) menilai (C) dinilai (D) nilai (the + N).

Catatan Penting: Setiap pertanyaan pada TOEIC memiliki bobot yang sama dan tidak ada pengurangan untuk jawaban yang salah. Skor TOEIC adalah kisaran 10 hingga 990, dengan skor rata-rata sekitar 500 hingga 550.

Cara Mempersiapkan Diri untuk Tes TOEIC

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mempersiapkan diri sebelum mengikuti tes TOEIC:

  1. Mengevaluasi Kemampuan Bahasa Inggris Anda: Evaluasi kemampuan berbahasa Inggris Anda sendiri. Apakah pelafalan Anda sudah jelas? Bagaimana intonasi Anda? Bagaimana dengan grammar bahasa Inggris Anda?.
  2. Latihan Soal-Soal Bahasa Inggris: Latihan ini sangat penting, karena “Practice Makes Perfect”. Sempatkan waktu untuk latihan soal.
  3. Mencari Teman Bicara Bahasa Inggris: Kemampuan berbahasa berarti ’kan buat skill berkomunikasimu. Namanya juga komunikasi, pasti harus ada lawan bicara.
  4. Mempelajari Materi yang Disediakan: Untuk mempersiapkan diri dalam mengikuti test TOEIC, Anda harus mempelajari materi yang telah disediakan oleh pihak yang mengadakan test.
  5. Memahami Struktur Test TOEIC dan Jenis-Jenis Soal: Anda juga harus memahami struktur test TOEIC dan jenis-jenis soal yang akan Anda hadapi.
  6. Melatih Kemampuan Bahasa Inggris dengan Cara Membaca Buku atau Menonton Film dalam Bahasa Inggris: Latih kemampuan bahasa Inggris Anda dengan cara membaca buku atau menonton film dalam bahasa Inggris.

Catatan Penting: Persiapan TOEIC mencakup 2 komponen: membiasakan diri Anda dengan tes TOEIC dan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris Anda3. Tujuan dari membiasakan diri dengan TOEIC adalah untuk mengatur strategi dalam mengoptimalkan nilai dengan mempertimbangkan kemampuan bahasa Inggris Anda, dalam level apa pun Anda sekarang.

Berikut adalah biaya untuk mengikuti tes TOEIC:

  1. TOEIC Listening and Reading: Rp675.000
  2. TOEIC Speaking and Writing: Rp1.452.000
  3. TOEIC Speaking: Rp990.000
  4. TOEIC Writing: Rp770.000

Catatan: Harga dapat berubah sewaktu-waktu dan mungkin berbeda tergantung pada lembaga penyelenggara tes

Baca juga: Mengenal Istilah Baru Dalam Kurikulum Merdeka

Semoga Contoh Soal TOEIC ini dapat membantu Anda memahami struktur dan jenis pertanyaan dalam tes TOEIC. Semoga sukses dengan persiapan Anda! 

FAQ’s

Apa saja yang diujikan dalam tes TOEIC?

TOEIC terdiri dari 2 bagian: Listening Comprehension and Reading Comprehension. Tes TOEIC mengukur kemampuan bahasa Inggris seseorang terutama menyangkut tata bahasa (grammar) maupun kosa kata (vocabulary) yang lazim digunakan dalam dunia bisnis international.

Skor TOEIC minimal berapa?

Diktuip dari laman Exam Practice, minimal skor TOEIC yang bisa digunakan untuk melamar kerja di luar negeri adalah 750. Skor ini diperlukan untuk bekerja di negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama, khususnya negara-negara Eropa.

Soal tes TOEIC ada berapa?

TOEIC terdiri atas 100 pertanyaan per seksi atau 200 pertanyaan secara keseluruhan. Skor tertinggi TOEIC secara keseluruhan adalah 990 poin, dan itu merupakan akumulasi jumlah skor pada setiap seksi, yaitu 495 poin.

Skor TOEIC maksimal berapa?

Kemudian, hal lain yang menjadi perbedaan antara TOEFL, TOEIC, dan IELTS adalah skor. Nilai yang bisa kamu dapatkan dalam TOEIC adalah antara 10 hingga 990 dengan rincian kategori sebagai berikut.

Apa bedanya TOEFL dan TOEIC?

TOEIC dan TOEFL memiliki tujuan dan kepentingan yang berbeda. TOEFL biasanya berguna bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang kuliah di luar negeri. Sedangkan TOEIC lebih ditujukan untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris pada lingkungan kerja.