Pendaftaran PPDB Jalur Zonasi 2023/2024

Jedatulis.com, Pendaftaran PPDB Jalur Zonasi saat ini sudah diterapkan hampir di semua daerah yang ada di Indonesia. Meskipun banyak pro dan kontra terhadap kebijakan baru ini, namun penerapannya dirasa sangat bermanfaat bagi sebagian murid baru. …

PPDB Jalur Zonasi

Jedatulis.com, Pendaftaran PPDB Jalur Zonasi saat ini sudah diterapkan hampir di semua daerah yang ada di Indonesia. Meskipun banyak pro dan kontra terhadap kebijakan baru ini, namun penerapannya dirasa sangat bermanfaat bagi sebagian murid baru. Oleh karena itu kita harus paham betul mengenai alur PPDB jalur zonasi.

Pendaftaran PPDB Jalur Zonasi 2023/2024

PPDB jalur zonasi merupakan jalur penerimaan siswa berdasarkan zona tempat tinggal untuk menghadirkan pemerataan akses pada layanan pendidikan, serta pemerataan kualitas pendidikan nasional. Untuk daerah reguler calon peserta didik SD maksimal 3 kilometer, SMP 5-7 kilometer,dan SMA-SMK antara jarak 9-10 km.

Manfaat Jalur Zonasi

PPDB jalur Zonasi yang diatur oleh pemerintah dalam Permendikbud yang baru bertujuan untuk meningkatkan akses pendidikan yang berkualitas tanpa diskriminasi karena pendidikan yang bermutu adalah hak setiap anak Indonesia yang harus dipenuhi oleh Pemerintah. Artinya, kualitas pendidikan itu harus merata.

PPDB jalur zonasi bisa mempermudah calon peserta didik baru untuk melakukan proses pendaftaran serta mengakses informasi penerimaan siswa baru. Calon Peserta didik yang dekat dengan sekolah yang nilai ujian tidak tinggi akan tetap bisa masuk di sekolah tersebut.

Selain itu akan menghemat biaya dan tenaga menuju ke sekolah. Pendaftaran menjadi lebih tertib,transparan,dan mudah dipantau serta bisa mendapatkan fasilitas dan pelayanan yang memuaskan baik dari pihak Sekolah maupun Dinas Pendidikan

Kekurangan Jalur Zonasi

Selain manfaat, ada juga kekurangan dari penerapan ppdb jalur zonasi ini. Salah satunya berdasarkan evaluasi, ada beberapa titik kabupaten/kota/provinsi tertentu yang belum bisa mengikuti secara penuh peraturan zonasi. Oleh karena itu sangat perlu sekali beragam penyesuaian dalam penerapan, khususnya terkait perubahan zona.

Pendaftaran PPDB jalur zonasi juga sangat berdampak buruk bagi calon peserta didik baru yang berkompeten,karena tidak bisa memilih sekolah favorit yang diinginkan sehingga merasa dirinya tidak tertantang dalam belajar karena lemahnya motivasi dalam belajar.

Selain itu, jalur zonasi juga berdampak buruk bagi guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar karena tercampurnya karakter kemampuan siswa yang beragam dalam satu kelas. Guru diwajibkan untuk menyesuaikan diri agar semua siswa mampu menerima pelajaran yang disampaikan, baik itu siswa yang pintar maupun yang kurang.

Cara Pendaftaran Jalur ZONASI PPDB Online

Seiring dengan berkembangnya zaman teknologi juga semakin berkembang, oleh karena itu pendaftaran jalur zonasi pada saat ini bisa kita lakukan secara online sehingga memudahkan bagi calon peserta didik untuk melakukan pendaftaran.

Calon peserta didik baru bisa melakukan pendaftaran secara mandiri atau bersama orang tua melalui handphone (HP), komputer atau laptop.

Berikut ini adalah cara pendaftaran PPDB jalur zonasi:

  1. Calon peserta didik baru melakukan pendaftaran online dari rumah secara mandiri atau bersama orang tua. Dengan cara membuat akun terlebih dahulu dengan mengisikan email yang valid. Nomor handpone (HP) yang aktif, NISN, nama Ibu Kandung serta password.
  2. Memilih sekolah tujuan, yakni Jenjang SMP/SMA.
  3. Melengkapi biodata.
  4. Memilih jalur sesuai jenjang pilihan dengan cara mengisi dan memastikan alamat yang benar sesuai dengan KK. Setelah itu calon peserta didik baru melakukan pengukuran secara mandiri.
  5. Calon peserta didik melakukan pengukuran maksimal lima kali ke sekolah yang berbeda, tiga sekolah tersebut adalah termasuk sekolah pilihan. Kemudian silahkan upload/unggah scan foto KK asli dan upload/unggah Surat Keterangan Lulus (SKL)

Kesimpulan

Meskipun penerapannya masih belum merata, namun setidaknya banyak manfaat dari sistem jalur zonasi ini. Sekian artikel tentang pendaftaran PPDB jalur zonasi yang mungkin bisa bermanfaat bagi Anda. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Apa itu pendaftaran melalui jalur zonasi?

Jalur zonasi adalah salah satu jalur pendaftaran yang ditujukan bagi calon peserta didik baru (CPDB) yang berdomisili sesuai wilayah zonasi yang telah ditetapkan oleh pemerintah daerah.

Berapa meter jarak zonasi sekolah 2023?

Jarak Zonasi SMA/SMK PPDB 2023
Untuk yang pertama, ada jarak zonasi untuk PPDB 2023 jenjang SMAS/SMK. Maksimal jarak zonasi antara rumah dan SMA/SMK pilihan adalah 9 sampai dengan 10 kilometer. Sementara itu, kuota penerimaan untuk jalur zonasi SMA/SMK ini adalah 50% dari daya tampung sekolah pilihan.

Apakah jalur zonasi harus sesuai KK?

Jalur zonasi sebagaimana di atas seharusnya untuk peserta didik yang berdomisili di dalam wilayah zonasi yang ditetapkan Pemerintah Daerah. Untuk menentukan masuk zona mana, harus membuktikan berdasarkan alamat pada kartu keluarga (KK) yang terbit paling singkat 1 tahun sejak tanggal pendaftaran PPDB.

Apakah jalur zonasi memakai nilai?

Jalur Zonasi tidak boleh menggunakan nilai Ujian Nasional.

Berapa kuota zonasi SMA 2023?

Kuota zonasi untuk siswa SMA sebesar 50%, dan siswa SMK sebesar 10%. 

Tinggalkan komentar