Implementasi Pendidikan Karakter Anak Di Sekolah

Jedatulis.com, Pendidikan karakter merupakan nilai yang diperlukan dalam mewujudkan kelangsungan hidup bangsa, yang nantinya menjadi pijakan anak Indonesia sehingga berkembang menjadi pribadi yang berkualitas, memilili akhlak yang baik, jujur, tanggung jawab, hormat dan disiplin. Hal ini …

Pendidikan Karakter

Jedatulis.com, Pendidikan karakter merupakan nilai yang diperlukan dalam mewujudkan kelangsungan hidup bangsa, yang nantinya menjadi pijakan anak Indonesia sehingga berkembang menjadi pribadi yang berkualitas, memilili akhlak yang baik, jujur, tanggung jawab, hormat dan disiplin.

Pendidikan Karakter

Hal ini sangat penting sekali diterapkan di sekolah karena anak akan terbiasa memiliki perilaku baik

Di sekolah guru dapat memulai dengan memberikan contoh yang dapat menjadikan teladan bagi murid dengan pemberian pembelajaran seperti keagamaan dan kewarganegaraan.

Pendidikan Karakter Menurut Ki Hajar Dewantara

Kalian masih ingat kan siapa Ki Hajar Dewantara? beliau adalah bapak pendidikan Indonesia. Menurut filosofi beliau ada empat nilai utama pendidikan karakter yang dirumuskan.

Nilai tersebut adalah olah hati (etika), olah pikir (literasi), olah karsa (estetika), dan olah raga, (kinestetik). Filosofi tersebut menjadi dasar nilai-nilai karakter yang sudah berkembang dalam program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)

Manfaat Pendidikan Karakter

Di era globalisasi ini pendidikan karakter harus kita mulai sejak dini karena manfaatnya sangat bagus dan bisa menjadi bekal anak ketika dewasa nanti.

Manfaatnya antara lain adalah bisa membentuk karakter anak, melatih mental serta nilai moral, melatih dalam mengambil keputusan, melatih membaca situasi, dan melatih disiplin.

Tantangan Dalam Pembentukan Karakter

Dalam proses membentuk karakter anak pasti banyak kendala yang kita hadapi, misalkan saja adalah mungkin sebagian siswa memiliki rasa percaya diri yang rendah. Sebagian siswa mungkin juga ada yang memiliki motivasi rendah dalam proses pembelajaran.

Sebagian siswa juga ada yang pasif dalam mengikuti pembelajaran di kelas, sebagian siswa mungkin juga ada yang bersikap apatis terhadap berbagai arahan.

Contoh Pendidikan Karakter

Sebagian contohnya antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Religius (sikap yang berkaitan dengan keagamaan)
  2. Integritas (bersikap jujur, baik dalam perkataan, maupun perbuatan).
  3. disiplin (tertib dengan semua aturan yang sudah ada).
  4. Toleransi (Sikap yang mampu menghargai setiap perbedaan yang ada).
  5. kreatif (selalu berpikir untuk menghasilkan sesuatu yang baru dari sesuatu yang sudah ada).
  6. mandiri (melakukan segala hal sendiri tanpa bergantung dengan orang lain).
  7. Nasionalisme (sikap dan tindakan seseorang untuk identitas negara).
  8. Gotong royong (kerja sama dalam menyelesaikan masalah) dan lain-lain.

Pendidikan Karakter Di Kurikulum Merdeka

Pendidikan karakter adalah suatu kunci dalam mempererat pembangunan SDM yang berkualitas dari waktu ke waktu sebagaimana nilai yang terkandung dalam Profil Pelajar Pancasila..

Merdeka Belajar merupakan program pendidikan yang memberikan kebebasan berpikir dan kebebasan berinovasi. Dalam profil pelajar terdapat beberapa dimensi dan nilai yang menunjukkan bahwa profil pelajar tidak hanya fokus pada kemampuan kognitif.

Namun, fokus juga terhadap sikap dan perilaku yang sesuai dengan jati diri sebagai bangsa Indonesia sekaligus warga dunia yang:

  1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia.
  2. Berkebhinekaan global.
  3. Bergotong-royong.
  4. Mandiri.
  5. Bernalar kritis.
  6. Kreatif.

Baca juga: Belajar Menyusun RPP Kurikulum Merdeka

Cukup sekian artikel pada kesempatan kali ini, Terima kasih telah membaca artikel kami mengenai implementasi pendidikan karakter di sekolah. Semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat bermanfaat.

Apa itu pendidikan karakter bagi siswa?

Pendidikan yang mengarahkan siswa untuk memberikan tekanan pada nilai-nilai tertentu seperti rasa hormat, tanggungjawab, jujur, peduli, dan adil dan membantu siswa untuk memahami, memperhatikan, serta melakukan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan mereka

Apa pentingnya pendidikan karakter bagi manusia?

Jika menanamkan sejak dini selain dapat membentuk dan memperkuat kepribadian diri sendiri juga dapat membantu meningkatkan dan melatih karakter, baik secara mental maupun moral, serta dapat mencegah orang-orang yang berakhlak buruk.

Bagaimana peran guru dalam membangun karakter siswa?

Sebagai pendidik bertugas untuk mendidik peserta didik, guru merupakan tokoh penting dalam membentuk karakter siswa di masa depan. Guru menjadi tokoh yang menanamkan nilai-nilai terpuji bagi siswa, memperbaiki perilaku yang buruk menjadi benar dan menjelaskan apa yang harus dan tidak harus dilakukan.

Pendidikan karakter meliputi apa saja?

Pendidikan karakter harus selalu diimplementasikan di sekolah dimana lima nilai utama dalam penguatan karakter (integritas, religiusitas, nasionalisme, kemandirian, gotong royong) haruslah tercermin dalam prilaku warga sekolah.

Bagaimana cara membentuk karakter yang baik?

Belajar Menghargai Diri Sendiri.
Mengenal dan Mengendalikan Diri Sendiri.
Kedisiplinan.
Memperbaiki Masa Lalu.
Memperhitungkan Tindakan yang di Ambil.
Menggali Potensi Diri.

Tinggalkan komentar