Belajar Menyusun RPP Kurikulum Merdeka

Jedatulis.com, RPP Kurikulum Merdeka – Tahukah anda? Seorang guru sebelum melaksanakan proses pembelajaran harus menyiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) terlebih dahulu, supaya proses pembelajaran berjalan dengan tertib dan terarah. Menyusun RPP Kurikulum Merdeka Istilah RPP …

RPP Kurikulum Merdeka

Jedatulis.com, RPP Kurikulum Merdeka – Tahukah anda? Seorang guru sebelum melaksanakan proses pembelajaran harus menyiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) terlebih dahulu, supaya proses pembelajaran berjalan dengan tertib dan terarah.

RPP Kurikulum Merdeka
RPP Kurikulum Merdeka

Menyusun RPP Kurikulum Merdeka

Istilah RPP pada kurikulum merdeka sudah berganti nama dengan ”Modul Ajar”. Walaupun sudah berganti nama tidak usah bingung karena pada intinya antara RPP dan modul ajar isinya tetap sama meskipun komponennya ada yang berbeda.

Lalu, bagaimana proses penyusunan RPP kurikulum merdeka?

Perbedaan RPP dan Modul Ajar

RPP dikembangkan dari silabus, sedangkan modul ajar mengacu pada Alur Tujuan Pembelajaran yang dikembangkan dari Capaian Pembelajaran.

Dokumen RPP mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.

Dokumen modul ajar berisi tujuan, langkah, dan media pembelajaran, serta asesmen yang sesuai kebuthan dalam satu unit/topik berdasarkan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

Modul ajar memiliki komponen yang lebih lengkap daripada RPP. Jadi, modul ajar bisa kita namakan juga dengan RPP Plus. Selanjutnya dari segi tujuan modul ajar pada kurikulum merdeka tidak hanya mempermudah para guru untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas saja.

Tips Menyusun Modul Ajar

Berikut ini adalah beberapa poin penting dalam menyusun modul ajar:

1. Pahami Capaian Pembelajaran (CP)

Capaian Pembelajaran atau CP adalah istilah pengganti KI dalam Kurikulum 2013. Dalam format Capaian Pembelajaran, tidak ada lagi pemisahan antara aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap, semua aspek tersebut digabung dan diintegrasikan ke dalam satu paragraf utuh.

Capaian Pembelajaran (CP) adalah kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase, Guru harus tahu dulu fase fase yang ada di kurukulum merdeka. Jenjang PAUD TK ada di fase fondasi. SD ada di tiga fase A(kelas 1-2), B(kelas 3-4), C(kelas 5-6). SMP ada di satu fase, yaitu D. SMA ada 2 fase, yaitu E (kelas X), dan F (kelas XII dan XIII).

2. Merumuskan Tujuan Pembelajaran (TP)

Tujuan pembelajaran (TP) adalah Istilah pengganti KD dalam Kurikulum 2013. Menulis TP bisa dengan 3 cara. Pertama, merumuskan tujuan pembelajaran dari CP secara langsung. Kedua, dengan menganalisis kompetensi dan materi yang terdapat pada CP. Ketiga, merumuskan dengan lintas elemen CP. Ketiga cara tersebut bermuara pada tercapainya capaian pembelajaran di setiap akhir fase.

3. Menentukan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

Alur Tujuan Pembelajaran atau ATP adalah istilah pengganti silabus dalam Kurikulum 2013. Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) adalah serangkaian tujuan pembelajaran yang tersusun secara sistematis dan logis menurut urutan pembelajaran sejak awal hingga akhir suatu fase yang berfungsi sebagai acuan perencanaan pembelajaran.

Poin penting dalam menyusun ATP adalah sederhana dan informatif, esensial dan kontekstual, berkesinambungan, pengoptimalan tiga aspek kompetensi, merdeka belajar, operasional dan aplikatif, adaptif dan fleksibel.

Beli disini bank soal ulangan kurikulum merdeka SD

4. Menentukan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP)

Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) adalah istilah pengganti KKM dalam kurikulum 2013. KKTP adalah serangkaian kriteria atau indikator yang menunjukkan sejauhmana peserta didik sudah mencapai kompetensi tertentu pada tujuann.

Dalam kurikulum merdeka guru harus menentukan KKTP untuk mengetahui apakah peserta didik telah berhasil mencapai tujuan pembelajaran atau belum. Contoh penentuan KKTP sebagai berikut:

Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP)Penguasaan
sudahBelum
a. Menjelaskan pengertian hukum Pemulasaraan jenazah  
b. Mengidentifikasi kewajiban terhadap jenazah  
c. Mendiskripsikan cara pemulasaraan jenazah  
d. Menganalisis hikmah  pemulasaraan jenazah  

5. Menyusun Strategi Asesmen

Pilihlah teknik atau instrumen yang sesuai dengan kebutuhan. Asesmen dalam kurikulum merdeka terdiri dari dua macam, yaitu asesmen formatif dan sumatif yang mana keduanya memiliki tujuan yang berbeda. Asesmen formatif sebagai umpan balik dan asesmen sumatif untuk ketercapaian TP.

Baca juga: Tips Lulus CPNS Dengan Nilai Tertinggi

Demikian adalah artikel yang berkaitan dengan RPP (Modul Ajar) kurikulum merdeka. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

RPP Kurikulum Merdeka seperti apa?

RPP di kurikulum merdeka dikenal dengan Modul Ajar (MA). Seperti RPP, Modul ajar ini dilengkapi dengan berbagai materi pembelajaran, lembar aktivitas siswa, dan asesmen untuk mengecek apakah tujuan pembelajaran dicapai siswa.

Apa perbedaan RPP Kurikulum 2013 dengan RPP Kurikulum Merdeka?

Pembelajaran Kurikulum 2013 umumnya hanya fokus pada intrakurikuler atau tatap muka, sedangkan Kurikulum Merdeka menggunakan paduan pembelajaran intrakurikuler (70-80% dari JP) dan kokurikuler (20-30% JP) melalui proyek penguatan Profil Pelajar Pancasila.

RPP dan modul ajar apakah sama?

Modul ajar merupakan panduan dan pedoman bagi para guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, sementara RPP merupakan rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran. Artikel ini akan membandingkan kedua perangkat pembelajaran tersebut dari berbagai aspek.

Komponen apa saja yang ada di dalam RPP?

RPP mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.

Mengapa disebut RPP Plus?

Modul ajar serupa dengan RPP atau lesson plan yang memuat rencana pembelajaran di kelas. Namun, pada modul ajar terdapat komponen yang lebih lengkap dibanding RPP sehingga disebut RPP Plus.

Satu pemikiran pada “Belajar Menyusun RPP Kurikulum Merdeka”

Tinggalkan komentar